Di Sumba Timur, Kapolda NTT Diberi Gelar Bangsawan oleh Keluarga Raja Prailiu Umbu Tamu Pingi Ay

Di Sumba Timur, Kapolda NTT Diberi Gelar Bangsawan oleh Keluarga Raja Prailiu Umbu Tamu Pingi Ay

bang-2-1

bang-3

bang-4

bang-5 Tribratanewssumbatimur.com – Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Brigadir Jenderal Polisi Drs. E Widyo Sunaryo diberi gelar bangsawan oleh keluarga Raja Prailiu Umbu Tamu Pingi Ay, Sumba Timur. Gelar tersebut diberikan saat Kapolda bersama Ketua Bhayangkari Daerah Nusa Tenggara Timur Theresia Dewi Pratiwi Widyo Sunaryo dan rombongan melakukan kunjungan di Sumba Timur, Senin (14-03-2016).

Sebelum memasuki rumah adat Kampung Raja, Kapolda NTT dan rombongan disambut dengan sapaan adat dari Juru Bicara (Wunang) Kampung Raja dan Tarian Perayaan Kemenangan Perang Kapolda NTT dan rombongan diarak menuju rumah adat Raja Prailiu.

"Umbu Hina Taka" gelar yang diberikan kepada Kapolda NTT yang berarti seorang Raja Baru yang datang, ia disambut karena baru pertama kali datang ke Kampung Raja. Dalam prosesi adat Kapolda NTT dipakaikan pakaian adat sumba dan pengikat kepala atau dalam bahasa sumba Tiara dan diberikan seekor Babi Jantan Hitam untuk dipotong sebagai simbol Kapolda NTT sudah menjadi bagian dari keluarga besar Raja Prailiu Umbu Tamu Pingi Ay.

Setelah prosesi adat, Kapolda NTT dan Ibu melayat ke kuburan Raja dan menaruh siri pinang di kuburan sebagai bentuk penghargaan kepada Raja Prailiu.

Melalui juru bicara pihak keluarga Raja Prailiu Umbu Tamu Pingi Ay mengucapkan terima kasih kepada Kapolda NTT dan rombongan karena menyempatkan waktu untuk mampir ke Kampung Raja Prailiu. (*abadent26)