SEKDA Sumba Timur, DOMU WARANDOI, S.H. M.Si. Pimpin Apel Gelar Pasukan di Mako Polres Sumba Timur

SEKDA Sumba Timur, DOMU WARANDOI, S.H. M.Si. Pimpin Apel Gelar Pasukan di Mako Polres Sumba Timur
SEKDA Sumba Timur, DOMU WARANDOI, S.H. M.Si. Pimpin Apel Gelar Pasukan di Mako Polres Sumba Timur

Tribratanewsst_Sejumlah personel gabungan dari berbagai unsur mengikuti apel kesiapsiagaan mengahadapi bencana cuaca ekstrim, Pasukan gabungan tersebut terdiri dari jajaran, TNI-POLRI, SAR, BPBD, POLPP, TAGANA dan Dinas Perhubungan, Apel digelar di halaman Mapolres Sumba Timur. Jumat 18/02/22.

Apel gelar pasukan ini bertujuan agar mempersiapkan kesiapsiagaan mengahadapi bencana alam yang akan terjadi dikemudian hari dengan langkah-langkah yang tepat dan bersama-sama bahu-membahu menangani bencana alam sehingga dapat meminimalkan  korban jiwa.

Dalam amanat Gubernur NTT yang dibacakan oleh SEKDA Kab. Sumba Timur, DOMU WARANDOI, S.H. M.Si., mengatakan ''Masih segar dalam ingatan kita, pada bulan april tahun 2021 telah terjadi bencana siklon tropis seroja yang yang menyebabkan 182 jiwa meninggal, 47 jiwa hilang, 53.745 jiwa mengungsi, dan 115 jiwa luka-luka. Sedangkan untuk fasilitas umum yang rusak sebanyak 3.518 unit dan rumah rusak sebanyak 53.432 unit yang penanganannya masih terus berlanjut hingga kini.''

''Bencana seroja telah memberikan kita banyak pelajaran berharga. Kita mesti berbenah dan menguatkan kordinasi dan kolaborasi  di dalam upaya penanggulangan bencana di ntt. Kita hendaknya tidak terjebak di dalam  kolaborasi yang saya sebut sebagai “kolaborasi cangkang.” Yang saya maksudkan kolaborasi cangkang adalah kolaborasi semu, pihak-pihak yang  sama-sama bekerja tetapi tidak bekerja sama.'' Tambah DOMU WARANDOI.

Sebelun mengakiri sambutannya DOMU WARANDOI juga mengajak semua pihak bersinegri bahu-membahu dan saling mendukung kebijakan pemerintah dalam penanggulangan peyebaran Covid 19, sehingga Kab. Sumba Timur menjadi zona hijau, sahingga perekonomian masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Tampak hadir dalam Apel Gelar Pasukan tersebut yaitu Wakapolres Sumba Timur Kompol MUH. ARIF SADIKIN,S.H., Pasi Ops Kodim 1601 Sumba Timur Kapten INF. SYAMSIADI, KASUBDEN POM Sumba Timur, Danki Brimob Kompi 4 Yon C Pelopor Sumba Timur, Para PJU Polres Sumba Timur, Dan Pos AL Sumba Timur, Anggota DPRD Kab. Sumba Timur, Kepala Dishub Kab. Sumba Timur, Kasat Pol PP Sumba Timur, Kepala BPBD Sumba Timur, Kepala Dinas Sosial Kab.Sumba Timur, setelah gelar apel pasukan tersebut dilanjutkan dengan pengecekan posko siaga bencana. ⁰⁵²

* J O L A