Datangi SMP Negeri Satap Praimarada, Ipda Marius Lakukan Hal Ini ...

Datangi SMP Negeri Satap Praimarada, Ipda Marius Lakukan Hal Ini ...

Tribratanewsst.com_ Guna mencegah terjadinya Bullying dilingkungan sekolah, Polres Sumba Timur dan jajarannya terus lakukan upaya pencegahan dengan cara melakukan sosialisasi anti bullying.

Palakhar Kapolsek Lewa Ipda Marius P. Himbir juga melakukan upaya pencegahan itu dengan kegiatan sosialisas Pencegahan penanggulangan tindak kekerasan dan perundungan di sekolah.

Sekolah Menengah Pertama Negeri Satap Praimarada, Desa Umamanu Kecamatan Lewa Tidahu, menjadi sasaran sosialisasi Ipda Marius bersama dua anggotanya. Jumat 17/11/2023 pagi.

Dalam materi sosialisasinya Ipda Marius menyampaikan bahwa bullying sendiri merupakan tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik, maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tak berdaya.

"Pelaku bullying yang biasa disebut bully bisa seseorang, bisa juga sekelompok orang, dan ia atau mereka mempersepsikan dirinya memiliki power (kekuasaan) untuk melakukan apa saja terhadap korbannya. Korban juga mempersepsikan dirinya sebagai pihak yang lemah, tidak berdaya dan selalu merasa terancan oleh bully." Ungkap Ipda Marius.

Dilanjutkan Ipda Marius bahwa ada tiga komponen utama yang ada pada bullying yakni Power imbalance atau kekuatan yang tidak seimbang, Repetitive actions atau melakukan sesuatu yang berulang dan Intentional actions atau tindakan yang disengaja.

Dijelaskan oleh Ipda Marius bahwa Bullying sendiri terjadi dalam beberapa bentuk diantaranya Bullying Fisik, Bullying Verbal, Bullying Relasional dan Cyber Bullying.

Adapun dampak dari Bullyng dapat menyebabkan cedera secara fisik pada korban baik secara langsung melalui pelecehan fisik atau secara tidak langsung melalui stres kronis.

Tidak hanya menjelaskan apa itu bullying, Palakhar Kapolsek yang membawahi 4 kecamatan itu juga menjelaskan langkah pencegahan terjadinya bullying dilingkungan sekolah.

"Langkah-langkah mencegah Bullyng disekolah misalnya dengan membangun budaya sekolah yang positif dan ekslusif, mendeteksi dan mengintervensi tindakan Bullyng sejak dini, mengedukasi siswa dampak dan cara mengatasi Bullyng dan meningkatkan ketrampilan sosial dan emosional siswa." Tambahnya. _ 052