Kunjungi pulau terluar, Kapolres Sumba Timur resmikan Pos Kamling

Kunjungi pulau terluar, Kapolres Sumba Timur resmikan Pos Kamling

Tribratanewssumbatimur.com Kapolres Sumba Timur AKBP Vicror M. T. Silalahi, SH, MH, melaksanakan kegiatan kunjungan kerja (kunker) ke pulau terluar yakni pulau Salura yang terletak diujung selatan kabupaten Sumba Timur .

Sebelum melaksanakan kunker ke pulau Salura, Kapolres Sumba Timur juga meresmikan beberapa pos Kamling di wilayah polsek Polsek yang dilalui antara lain Pos Kamling kelurahan Lumbu Kore, kecamatan Umalulu dan Pos Kamling desa Kaliuda, kecamatan Pahunga Lodu.

Kamis (23/9/17) pukul 17.30 wita Kapolres Sumba Timur berserta rombongan tiba di Polsek Karera yang disambut oleh Kapolsek Karera Iptu Marku Uwa dan tokoh masyarakat bapak Umbu Yadar. Kegiatan dilanjutkan dengan tatap muka dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, toga, tokoh pemuda. Dalam tatap muka tersebut disosialisasikan oleh Kabag Sumda Kompol Akex Rapangula tentang persiapan penerimaan dan perekrutan anggota polri yang dikhususkan putra daerah (local job for local boy) untuk daerah pesisir, pedalaman dan pulau terluar.

[caption id="attachment_6096" align="aligncenter" width="931"] Kapolres Sumba Timur AKBP Vicror M. T. Silalahi, SH, MH dan Kasat Intelkam Iptu Leonard Leu serta anggota Polsek Karera ketika menyeberang ke pulau Salura ( Foto : dok.humas )[/caption]

Jumat (22/9/17) pagi, Kapolres bersama rombongan didampingi tokoh masyarakat bapak Umbu Yadar berangkat menuju pulau Salura untuk meninjau pos polisi perbatasan Polsubsektor Salura. Tiba di pulau Salura rombongan disambut oleh Kapolsubsektor Brigpol Asmunandar dan kepala desa Prai Salura.

Setelah melaksanakan pengecekan di pos perbatasan tersebut, Kapolres meresmikan Pos Kamling desa Prail Salura yang ditandai dengan pengguntingan pita dan pemukulan kentongan.

[caption id="attachment_6098" align="aligncenter" width="932"] Kapolres Sumba Timur AKBP Vicror M. T. Silalahi, SH, MH dan anggota setelah peresmian Pos Kamling ( Foto : dok.humas )[/caption]

Dalam sambutannya Kapolres mengucapkan terima kasih kepada warga pulau Salura karena berperan aktif menjaga siskamling diwilayahnya, hal tersebut dibuktikan dengan pembanguna Pos Kamling didaerah tersebut. Kapolres juga memberikan motivasi kepada anggota yang bertugas di pulau terluar tersebut untuk tetap semangat dalam menjalan tugas sebagai abdi negara.

Pulau salura adalah salah satu pulau terluar Indonesia, tepatnya di kecamatan Karera, kabupaten Sumba Timur. Berada di wilayah propinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di kecamatan Karera, kabupaten Sumba Timur. Di pulau salura hanya terdapat satu desa yakni desa Prai Salura, terdapat juga pos polisi perbatasan yaitu Polsubsektor Salura.

[caption id="attachment_6099" align="aligncenter" width="932"] tatap muka Kapolres Sumba Timur AKBP Vicror M. T. Silalahi, SH, MH dengan masyarakat desa Pray Salura ( Foto : dok.humas )[/caption]

Polsubsektor Salura berangotakan empat orang personel Polisi perbatasan yang dipimpin oleh seorang Kapolsubsektor. Jarak sekitar 162 Km dari Kota Waingapu yang ditempuh oleh anggota Polsubsektor Salura untuk sampai ke pantai Katundu, Desa Praimadita dari sinilah titik jalur transportasi ke pulau Salura. Sesampainya di pantai Katundu penumpang yang akan menyeberang ke pulau Salura bisa menyewa perahu Ketinting yang disewakan oleh penduduk setempat untuk menyeberang ke pulau Salura. Perjalanan kapal dari Pantai Katundu menuju ke Pulau Salura memakan waktu sekitar satu jam.

Waktu terbaik untuk menyeberang ke pulau ini adalah antara sekitar bulan Mei hingga November setiap tahunnya. Pada bulan Desember hingga April, biasanya kapal-kapal akan berhenti beroperasi karena memasuki musim barat dimana ombak di sepanjang laut menuju ke Pulau Salura akan menjadi tinggi dan berbahaya. Hal ini lah yang merupakan kendala bagi anggota Polsubsektor Salura dalam melaksanakan tugas, sehingga setiap kali anggota Polsubsektor Salura menyebrang ke pulau tersebut selalu membawa bekal persediaan sembako yang cukup terutama stok air minum. (pc26)