Apel Gelar Pasukan Tandai Dimulainya Operasi Mantap Praja Turangga 2018

Apel Gelar Pasukan Tandai Dimulainya Operasi Mantap Praja Turangga 2018

Tribratanewssumbatimur.com – Polres Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur menggelar kegiatan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Mantap Praja Turangga 2018 dengan tema " Polri yang promoter siap mengamankan Pilkada serentak Tahun 2018 " uang dilaksanakan dilapangan apel Polres Sumba Timur, Senin (12/2/18) pagi.

Bertindak sebagai inspektur upacara Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M. T. Silalahi, SH., MH, mengatakan bahwa apel gelar pasukan dilaksanakan dalam rangka mengecek kesiapan personil, sarana dan prasarana, serta pihak terkait dalam rangka pengamanan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018.

“ agar setiap anggota menyiapkan mental dan fisik dengan dilandasi moral dan disiplin kerja tinggi dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, sehingga menampilkan jati diri Polri sebagai sosok penolong, sahabat, pelayan masyarakat serta penegak hukum yang jujur, benar, adil dan transparan,” kata Kapolres.

“ Petakan setiap kerawanan pada setiap tahapan Pilkada serta lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi Intelijen dan Bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika yang berkembang sehingga setiap potensi permasalahan dapat diantisipasi,”ujar Kapolres.

“ implemetasikan secara maksimal di masing-masing kesatuan sehingga pengamanan pemilukada 2018 dapat benar-benar dilaksanakan secara optimal dan perkokoh kerja sama dengan seluruh penyelenggara Pilkada dan seluruh instansi terkait guna mewujudkan sinergi profesional yang proaktif dalam rangka pengamanan Pemilukada 2018,” Imbuhnya.

“ saya ingatkan bagi segenap personil Polri untuk menjaga komitmen dan netralitas dalam penyelenggaran Pilkada 2018, dan tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman baik terorisme, radikalisme serta Intoleransi yang memanfaatkan momen kegiatan Pilkada 2018,’ ujar Kapolres.

“ lakukan penegakan hukum terhadap setiap pelanggaran tindak pidana Pemilu secara terpadu melalui sentra Gakkumdu,” pungkasnya.

“ berikan arahan dan petunjuk yang jelas kepada anggota sebelum bertugas serta pedomani aturan dan SOP yang berlaku serta siapkan rencana pengaman kontijensi serta latihan kepada seluruh personel serta lakukan pengawasan dan pengendalian secara melekat,” kata Kapolres.

Kegiatan apel gelar pasukan dihadiri oleh Bupati Sumba Timur, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur, Ketua Pengadilan Negeri Waingapu, Setda Pemda Kabupaten Sumba Timur, Ketua KPU Kabupaten Sumba Timur, Ketua Panwaslu Kabupaten Sumba Timur, Wadanki Subden 3 Den A Kompi Pelopor Sumba Timur, Perwakilan Dandim 1601 Sumba Timur, Danposal Waingapu, Kasub Denpom TNI AD Sumba Timur, Satuan Pol PP Pemda Kabupaten Sumba Timur serta pejabat utama Polres Sumba Timur.

(pc26)