Bupati Sumba Timur Pimpin Langsung Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Ranakah 2021

Bupati Sumba Timur Pimpin Langsung Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Ranakah 2021

TribrataNewsSumbaTimur.com - Bupati Sumba Timur Drs. Khristofel A. Praing, M. Si, memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranakah - 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H di lapangan apel Mapolres Sumba Timur, Rabu (5/5/2021) sore.

Dalam apel gelar pasukan yang mengusung tema "Melalui Apel Gelar Pasukan Ketupat Ranakah-2021 Kita Tingkatkan Sinerhitas TNI - Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada Perayaan Idul Fitri 1442 H" Bupati Sumba Timur didampingi Kapolres Sumba Timur AKBP Handrio Wicaksono, S.I.K dan Dandim 1601 Sumba Timur Letkol Inf. Dwi Joko Siswanto, S.E, M.I.Pol.

Sebagai peserta apel diikuti oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur Ali Oemar Fadaq, Ketua Pengadilan Negeri Waingapu Richard Edwin Basoeki, SH.MH, Kepala Kejaksaan Negeri Waingapu Okto Rikardo, Perwira Kodim 1601 Sumba Timur, Perwira Polres Sumba Timur, Danki Brimob Subden 3 Den A Sumba, Komandan Posal, Komandan Sub Den POM, Para Kapolsek Jajaran, Kepala Pelindo Waingapu, Kepala Dinas Perhubungan, personel Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Pelindo, Basarnas dan Dinkes.

Dalam amanat Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Bupati mengatakan penekanan terkait peningkatan jumlah kasus Covid 19 secara nasional yang mengalami tren kenaikan 2,03 % akibat dari adanya peningkatan mobilitas masyarakat selama Ramadan.

"Pentingnya pengawasan penerapan protokol kesehatan ditengah Masyarakat, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik dengan penuh pertimbangan diantaranya pengalaman tren kenaikan kasus pasca libur panjang dan peningkatan kasus 93% pasca pelaksanaan hari libur lebaran Idul Fitri pada 2020 yang lalu," kata Bupati saat membacakan amanat Kapolri.

Lanjutnya, Pada Operasi Ketupat tahun 2021 ini, substansi dari kebijakan pelarangan mudik oleh pemerintah adalah untuk mencegah lonjakan penyebaran virus Covid 19.

"Tentunya diperlukan kerjasama semua pihak untuk benar-benar serius melaksanakan tugas pengamanan ini bukan hanya sebagai rutinitas tahunan semata," ujar Bupati.

Setelah pelaksanaan apel, Kapolres Sumba Timur AKBP Handrio Wicaksono, S.I.K juga menjelaskan, pada Operasi ketupat tahun 2021 Polres Sumba Timur sudah menyiagakan personel pada titik-titik pos pengamanan yang telah di tentukan.

" Polres Sumba Timur sudah menyiapakan personel untuk di sebat di beberapa titik pengamanan yang ada dan mungkin juga akan menyiapkan pos pengamanan di tempat rekreasi," kata Kapolres.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian 2000 buah masker oleh aparat gabungan TNI Polri.

 

*g26*